18 Manfaat Daun Selada Yang Luar Biasa Dengan Fakta Gizi!

18 Manfaat Daun Selada Yang Luar Biasa Dengan Fakta Gizi! | Daun selada sangat diperlukan untuk salad yang enak! Daun hijau ini dikenal karena rasanya yang renyah dan menyegarkan dan merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digunakan. Asal usul daun Selada kembali ke ribuan tahun ketika pertama kali dibudidayakan selama peradaban Mesir. Itu sangat dipopulerkan selama abad ke- 16 dan ke -18 dan banyak digunakan untuk sifat kuliner dan obat-obatannya. Namun, ada kesalahpahaman bahwa daun-daun ini tidak bernutrisi, tetapi kenyataannya justru sebaliknya! Lihatlah artikel ini untuk mempelajari banyak manfaat kesehatan dari Selada Daun untuk kulit, rambut, dan kesehatan Anda.
18 Manfaat Daun Selada Yang Luar Biasa Dengan Fakta Gizi!
18 Manfaat Daun Selada Yang Luar Biasa Dengan Fakta Gizi!

Apa itu Selada?


Selada adalah sayuran berdaun hijau dengan nama ilmiah Lactuca Sativa. Itu milik keluarga Asteraceae. Awalnya digunakan sebagai ramuan obat dan kemudian digunakan dalam membuat berbagai hidangan. Daun selada adalah bahan yang paling banyak digunakan di negara-negara barat, terutama di Salad, Burger, dan makanan ringan lainnya.

Jenis Daun Selada:


Ada empat jenis daun selada, yaitu gunung es, butterhead, daun dan romaine.


  • Selada adalah yang umum digunakan di hampir setiap salad. Ini memiliki gigitan renyah untuk itu.
  • Butterhead adalah jenis yang halus dengan daun kenyal. Ini digunakan sebagai hiasan untuk berbagai hors d'oeuvres.
  • Daun selada hijau dan merah adalah jenis yang sangat halus dan hanya bisa dipakai sebelum disajikan.
  • Selada Romaine memiliki gigitan pahit di atasnya dan renyah dan manis di tulang rusuk.


Romaine Lettuce Vs Iceberg Lettuce:


Selada Romaine dan Selada Gunung Es adalah dua varietas tanaman Selada yang berbeda. Mereka kurang lebih sama dalam hal kalori dan tingkat nutrisi tetapi bervariasi dalam nutrisi mikro. Selada gunung es adalah 95% air dan 5% nutrisi. Romain Lettuce, di sisi lain, mengandung persentase nutrisi yang lebih tinggi, terutama Vitamin K, A, dan Folate, menjadikannya variasi sayuran yang lebih diinginkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Daun Selada?


Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memakan daun Selada, Anda akan terkejut. Ada banyak cara untuk memasukkan Selada ke dalam makanan Anda, yang tidak hanya meningkatkan rasa dan tekstur keseluruhan tetapi juga nilai gizi dari hidangan Anda:


  • Daun selada paling baik dimakan mentah. Memasaknya bisa menghilangkan semua nutrisi di dalamnya.
  • Abon daun selada digunakan dalam salad.
  • Anda bisa menggunakan daun selada sebagai pengganti adonan yang sehat saat membuat lumpia.
  • Daun selada digunakan sebagai cangkir yang bisa dimakan untuk menampung salad dan tumis.
  • Anda bisa menggunakan daun selada sebagai ganti kerang taco biasa.
  • Menambahkan selada pada sandwich dan burger menambahkan lapisan renyah yang enak.


Fakta Gizi Daun Selada:


Di bawah ini adalah nilai gizi daun selada per 100 gram:


  • Total Kalori: 15
  • Total Karbohidrat: 2,9 gram
  • Total Lemak: 0,2 gm
  • Kolesterol: 0 mg
  • Sodium: 28 mg
  • Kalium: 194 mg
  • Serat Makanan: 1,3 gram
  • Protein: 1,4 gram
  • Vitamin A: 148%
  • Vitamin C: 15%
  • Vitamin B6: 5%


Manfaat Daun Selada Luar Biasa:


Di sini kami meminta 18 manfaat daun selada terbaik untuk kesehatan, rambut, dan kulit. Mari kita lihat mereka.

1. Memelihara Kulit:


Tingkat vitamin A dalam daun selada cukup tinggi. Ini adalah salah satu nutrisi yang membantu dalam perbaikan dan peremajaan sel-sel kulit. Ini pada gilirannya membantu kulit merasa direvitalisasi dengan cara yang lebih sempurna. Menambahkan sekitar 5-6 daun selada dalam diet harian adalah semua yang perlu Anda lakukan.

2. Menghilangkan Racun Dari Tubuh:


Menghilangkan racun dari tubuh dan dari kulit adalah manfaat lain yang terkait dengan selada semata-mata karena serat makanan dan antioksidan dalam sayuran. Ini membantu kulit awet muda yang bebas dari kerusakan akibat radikal bebas serta detoksifikasi tubuh yang lengkap. Ini adalah salah satu kegunaan penting dari selada untuk tubuh kita.

3. Mengobati Insomnia:


Efek anti spastik dan sedatif ada pada daun selada. Konsumsi 5-6 daun setiap hari memastikan tidur yang baik. Untuk cara konsumsi yang lebih mudah, Anda selalu bisa menyiapkan jus dari daun selada. Menggunakan obat ini secara teratur dapat membantu dalam mengobati insomnia kronis dengan mendorong tidur yang baik.

4. Melindungi Kulit Dari Kerusakan Matahari:


Manfaat selada untuk kulit kita sangat banyak. Kombinasi efektif vitamin C dan vitamin E hadir dalam daun selada. Ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan bugar. Sekali lagi, ini juga membantu memberi kulit lapisan pelindung yang menyelamatkannya dari sinar matahari yang berbahaya. Ini juga membantu dalam pencegahan degenerasi makula dan katarak di mata dan melindungi organ vital ini juga.

5. Sumber Asam Omega Yang Kaya:


Asam lemak omega 3 adalah salah satu nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik. Seiring dengan ini, asam lemak omega 6 juga hadir dalam banyak jenis selada yang berbeda sehingga sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

6. Bekerja Sebagai Penyegar Kulit:


Untuk mengencangkan kulit wajah Anda dapat dengan mudah menggunakan pasta atau jus daun selada di berbagai masker wajah. Ini pasti akan memberi Anda manfaat untuk kulit yang pantas Anda dapatkan. Ini juga akan membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

7. Mencegah dan Mengobati Anemia:


Untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan pembentukan sel darah merah, sangat penting bagi tubuh untuk mendapatkan mineral penting yang kita kenal sebagai zat besi. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan penting dari daun selada merah. Karena itu, ini akan membantu dalam merawat kondisi anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan:


Tingginya kadar nutrisi dan rendahnya kadar lemak dan kalori serta kombinasi unik dengan serat makanan membantu menjaga berat badan tetap terkendali. Ini juga membantu dalam membuang akumulasi lemak dari tubuh. Ini membantu dalam penurunan berat badan yang tepat yang juga membantu dalam menjauhkan banyak masalah tubuh.

9. Mencegah Gangguan Jantung:


Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu kelebihan yang terkait dengan daun selada. Beta karoten dan vitamin C mengoksidasi kolesterol jahat untuk mencapai jantung yang sehat. Itu juga menjauhkan formasi wabah. Selada adalah makanan ringan yang baik serta makanan yang baik untuk kesehatan.

10. Mendorong Pertumbuhan Rambut Yang Baik:


Selada kaya akan vitamin K yang pada dasarnya memperkaya akar rambut sehingga menguatkannya. Juga, dengan seringnya makan selada, pencegahan kerontokan rambut sangat mungkin terjadi. Bersamaan dengan ini, karena selada kaya akan kalium, ia mencegah rambut beruban prematur dan meningkatkan tekstur rambut.

11. Perkelahian Peradangan:


Selada memiliki banyak agen anti-inflamasi untuk melawan peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi, pembekuan darah, kerusakan jaringan dll., Sel ini dimuat dengan Vitamin C dan Kalsium untuk memperkuat tulang Anda dan menawarkan pasokan oksigen yang lebih baik ke sel-sel. Selada romaine adalah salah satu varietas Selada terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di tubuh.

12. Meningkatkan Kesehatan Otak:


Studi menunjukkan bahwa selada dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan juga memperlambat deklinasi kemampuan kognitif dengan penuaan. Vitamin K, Lutein, Beta-Karoten, dan Folat yang tinggi merangsang sel-sel otak dan membantu fungsi yang lebih baik. Bahkan membantu mempercepat laju respons.

13. Perkelahian Kanker:


Selada dianggap sebagai salah satu dari 10 sayuran melawan kanker. Terbukti bahwa selada dapat secara efektif mengekang banyak jenis kanker, khususnya kanker payudara. Konsumsi selada secara teratur juga dapat menurunkan kemungkinan menjadi mangsa kanker. Senyawa yang disebut Lutein terbukti membunuh sel-sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

14. Meningkatkan Visi Yang Lebih Baik:


Untuk penglihatan yang lebih baik, dokter menyarankan untuk mengonsumsi sayuran berdaun lebar, terutama selada. Mengkonsumsi selada secara teratur dapat membantu mengurangi degenerasi makula retina dan juga mengobati kehilangan penglihatan. Lutein dan Zeaxanthin hadir dalam Selada dapat memberi makan sel-sel di mata dan mempertajam penglihatan Anda.

15. Memperkuat Tulang:


Salah satu dari banyak manfaat daun selada hijau adalah untuk memperkuat struktur tulang Anda. Selada mengandung banyak nutrisi yang dapat memperkuat tulang dan gigi Anda. Ini mengandung kalsium, vitamin K, dan nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan kepadatan tulang Anda. Studi juga menunjukkan bahwa asupan selada secara teratur dapat mengurangi risiko Osteoporosis.

16. Baik Untuk Kehamilan:


Banyak wanita melaporkan mengidam selada selama kehamilan. Selada jelas baik untuk Anda selama fase kritis kehidupan Anda ini. Ini mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk kunci anti-oksidan untuk kesejahteraan bayi Anda. Disarankan untuk memilih varietas selada gelap seperti Romaine untuk nutrisi yang lebih baik.

17. Mencegah Kerusakan Sel-Sel Neuron:


Terbukti bahwa selada dapat mencegah banyak penyakit degeneratif saraf seperti Parkinson, dengan memperkuat neuron. Banyak senyawa hadir dalam selada yang dikenal untuk mencegah kematian neuron ini, yang menyebabkan gangguan saraf ini. Karena itu disarankan untuk memasukkan daun ini ke dalam makanan sehari-hari Anda.

18. Mengobati Kecemasan:


Salah satu manfaat utama daun selada adalah membantu mengurangi tingkat kecemasan. Sifat anxiolytic dari selada dapat menenangkan saraf Anda dan memberikan perasaan yang menenangkan. Bahkan memiliki efek positif dalam mengobati depresi dan banyak masalah terkait kecemasan. Selada tentu memainkan peran penting dalam perkembangan neurologis Anda.

Efek Samping Selada:


Selada umumnya aman untuk dikonsumsi secara teratur tetapi dapat menyebabkan efek samping dalam kondisi tertentu. Selain itu, mengonsumsi selada yang terlalu banyak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti:


  • Perut Kesal
  • Mual
  • Gangguan pencernaan
  • Reaksi alergi karena tingginya jumlah pestisida


Terkejut mengetahui tentang manfaat daun selada yang menakjubkan ini? Sayuran rendah kalori ini selalu menjadi pahlawan tanpa tanda jasa di kerajaan makanan sehat. Banyak orang cenderung menggunakan selada untuk penyajian makanan dan cenderung membuangnya sebelum dikonsumsi. Sekarang setelah Anda memahami banyak manfaat dari hijau yang luar biasa ini, kami cukup yakin Anda akan senang untuk menenggelamkan gigi Anda di daunnya yang berair dan renyah!
Previous Post
Next Post
Related Posts