Mengapa Tipe O Adalah Golongan Darah Paling Umum

Mengapa Tipe O Adalah Golongan Darah Paling Umum | Jenis darah yang paling umum sedang disusul oleh jenis lain. Tetapi semua tipe sangat dibutuhkan — itulah sebabnya semua orang perlu menyumbang!
Mengapa Tipe O Adalah Golongan Darah Paling Umum
Mengapa Tipe O Adalah Golongan Darah Paling Umum

Anda memiliki golongan darah


Dan itu didasarkan pada antigen, yang merupakan protein atau kombinasi gula yang disebut polisakarida. Mereka duduk di permukaan sel darah merah dan membantu menentukan jenis darah. Pertama, antigen A atau B (gula) menciptakan empat golongan darah: A, B, AB, dan O. Kehadiran faktor Rh (protein) menambah "positif," sementara tidak adanya itu menambah "negatif." ke delapan golongan darah umum: versi positif, dan negatif dari A, B, O, AB. Apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa ada golongan darah langka. Secara khusus, lebih dari 600 antigen membentuk 200 "golongan darah minor," menurut International Society of Blood Transfusion .

Mengapa itu penting?


Bukan sembarang darah yang akan dilakukan jika Anda membutuhkan transfusi: Jika golongan darah tidak cocok dengan Anda atau tidak kompatibel, maka Anda bisa menjadi sangat sakit. Reaksi sistem kekebalan terhadap antigen yang tidak kompatibel dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk penyakit ginjal, tekanan darah rendah, pembekuan, dan bahkan kematian, kata Ross Herron, MD, kepala petugas medis Divisi Barat Palang Merah Amerika. Satu tempat di mana golongan darah Anda mungkin tidak terlalu penting adalah ketika datang ke diet golongan darah kontroversial .

O adalah golongan darah yang paling umum


Sekitar 39 persen orang Kanada memiliki darah O-positif, dan hanya 7 persen yang memiliki O-negatif. Meskipun tipe O berasal dari gen resesif — jika satu orangtua memiliki darah A atau B, anak itu akan menjadi A atau B — O adalah tipe tertua, lapor BBC . Jenis A dan B hanya muncul dalam 20.000 tahun terakhir, dan masih menyebar. Ini menggarisbawahi perlunya berbagai donor, kata Dr. Herron: "Kita membutuhkan populasi donor darah yang beragam untuk memastikan kita memiliki campuran yang tepat ketika kita membutuhkannya."

Golongan darah universal


Jika Anda memiliki darah O-negatif, darah Anda bersifat universal. O-negatif dapat ditransfusikan kepada pasien dengan golongan darah apa pun. Dalam acara TV medis, Anda mungkin melihat seseorang didorong ke UGD, dan dokter memesan "status darah O-negatif!" Namun, dalam kehidupan nyata, itu mulai bermain sedikit berbeda, kata Dr Herron. "Itu hampir selalu menyebabkan kekurangan darah O-negatif," katanya. Hari ini, jika Anda seorang pria dewasa atau wanita di atas usia reproduksi, sebagian besar UGD sekarang akan memberi Anda darah O-positif, kata Dr. Herron, yang akan bekerja dan membantu meringankan permintaan O-negatif.

Anda adalah bagian dari tim


Jika memiliki darah O-negatif dan Anda telah menyumbang sebelumnya, Anda mungkin mendapatkan panggilan rutin dari pusat donor darah. "Kami akan memanggil donor-donor ini dan mengatakan 'Anda adalah bagian dari tim trauma, kami membutuhkan Anda untuk menyumbang!' Banyak orang datang dari upaya rekrutmen ini, ”kata Dr. Herron.

Haruskah Anda tahu jika Anda tipe O?


Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin mengetahui tipe Anda — terutama karena itu dapat memberi petunjuk pada aspek kesehatan Anda dan apakah Anda berisiko terhadap kondisi medis tertentu.

Tapi mungkin alasan paling penting untuk mengetahui tipe Anda adalah bahwa sekitar satu dari dua orang Kanada akan membutuhkan transfusi darah di beberapa titik dalam hidup mereka. Donasi dan Anda akan diberikan kartu donor yang dicetak dengan golongan darah Anda (tidak ada lagi lupa). Salah satu cara terbaik untuk membantu adalah menjadi donor reguler. Anda dapat menyumbang hingga enam kali setahun — Dr. Herron menganggap siapa pun yang melakukan ini sebagai "biasa". Ingatlah bahwa rumah sakit membutuhkan semua jenis darah — bukan hanya tipe O — dan bahwa permintaannya konstan, tidak hanya setelah keadaan darurat atau tragedi. “Kami membutuhkan sumbangan dari semua golongan darah setiap saat sepanjang tahun,” katanya.

Beberapa donor yang paling antusias adalah orang dewasa yang lebih tua yang sekarang semakin menua: “Kami mencari donor generasi baru dengan semangat yang sama untuk membantu komunitas mereka,” tambah Dr. Herron.

0 Response to "Mengapa Tipe O Adalah Golongan Darah Paling Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel